Translate

Minggu, 31 Januari 2021

SINOPSIS ANTHOLOGY part 3


all content from tvN 



Jin Hyun menanyakan impian So Yi saat masih kecil. So Yi menolak mengatakannya. Jin Hyun mengatakan kalo So Yi itu mudah di tebak. Apa? Tanya So Yi.

Jin Hyun mengaku saat melihat So Yi, ia merasa tahu apa yang So Yi rasakan. So Yi minta agar Jin Hyun jangan bercanda.

Jin Hyun mengatakan yang sebenarnya. Karena itulah ia jadi jujur. Tapi cuman di depan So Yi aja. So Yi jadi tersipu. Ia memuji Jin Hyun yang jenius. Golongan darahnya kan AB.


Jin Hyun tersenyum. Emangnya golongan darah So Yi apa? So Yi mengaku kalo golongan darahnya AO. Ibunya A dan ayahnya O.

Kalo Jin Hyun, orang tuanya dua-duanya O (o...jadi Jin Hyun bukan anak kandung, dong??!!).


So Yi melihat ada cahaya. Jin Hyun bertanya-tanya apa itu goblin-nya? Suara kakinya juga terdengar dekat.

So Yi nanya, emangnya hantu punya kaki, ya? Jin Hyun juga heran. Kalo punya kaki juga akan melayang di udara.




Suara kaki itu kian lama kian dekat. Diiringi suara cekikikan juga. Dan.....wa... Rupanya itu adalah paman dan bu guru.

Mereka menyoroti wajah So Yi dan Jin Hyun. Bu guru nanya, kalian?

Sementara Jin Hyun bilang, guru? So Yi, paman? Dan paman nanya mereka udah makan?



Paman membakar kayu. So Yi yang duduk disampingnya meledek, goblin apa yang pakai senter? Paman mengaku kalo mereka masuk diam-diam mumpung lagi bertugas. Jadi mereka mematikan lampu sedikit demi sedikit.

So Yi menanyakan apa bu guru selalu tertawa seperti hantu gitu? Paman keberatan So Yi menyamakan bu guru sama hantu. Mana ada hantu yang secantik itu? Paman bilang menurut Sun Hwa (nama bu guru), paman lebih lucu dari Yoo Jaesuk.

Meski paman hanya bernafas dan tertawa lepas. So Yi nanya lagi, lalu suara kotak musik itu apa?

Paman bilang itu hadiah 200 hari pacaran. So Yi nanya apa paman akan menikah dengan si kuno itu? Paman protes. Apa-apaan So Yi nyebut gurunya si kuno?


Paman mengatakan kalo dia hanya lulusan perguruan tinggi pinggiran. Pekerjaannya ya paling gini-gini aja. Dengan kondisi seperti ini, gimana bisa dia berguna bagi Sun Hwa?

So Yi mengeluh. Ya ampun, gimana paman akan membela negara dengan mental selemah itu? Masa depan pertahanan negara ini sungguh cerah sekali.

Paman memuji kemampuan berbahasa So Yi emang luar biasa. Kalo dalam hal ini So Yi emang mirip sama pamannya. So Yi langsung menoleh nggak suka ke pamannya (nggak setuju maksudnya).

Paman mengatakan kalo dia dengar dari Sun Hwa, So Yi udah bisa beradabtasi. Ini semua apa karena cowok itu? So Yi mengelak. Paman ngomong apa, sih?



Jin Hyun pulang kerumah sambil menuntun sepedanya dan mendengar orang tuanya beramtem lagi. Ibu memarahi ayah yang keras kepala banget. Membuat orang-orang berinvestasi pada hal yang nggak jelas.

Ibu menanyakan buat apa uang sebanyak itu? Gimana ayah akan membayar kembali mereka semua?

Ayah balik membentak ibu. Nggak bisakah diam aja? Ayah mengatakan kalo dia nggak bisa lagi merawat Jin Hyun. Mau dihentikan gimanapun juga dia pasti akan tetap ingin kuliah.

Ayah nyuruh ibu buat ngembaliin Jin Hyun ke ibunya (ibu kandung).


Jin Hyun kecewa mendengarnya. Ia hampir nangis. Akhirnya ia memutar sepedanya dan keluar lagi.


So Yi nanya sama paman. Orang tuanya Jin Hyun itu orang seperti apa? Sambil mengupas ubi paman menjawab kalo mereka baru menikah beberapa tahun yang lalu.

Meski paman nggak tahu pasti, dimata orang-orang sekitar, mereka itu baik. So Yi merasa itu melegakan. Paman tersenyum. Ia bertanya apa So Yi merasakan cinta pertamanya?

So Yi merasa nggak tahu. Gitu, ya?? Ledek paman.


So Yi berpendapat kalo yang namanya cinta pertama itu juga lucu. Itu benar-benar permainan kata-kata. Paman menanyakan maksud So Yi.

Maksud So Yi adalah, apa, sih persisnya cinta pertama itu? Apa itu cinta yang paling  pertama dirasakan? Atau cinta yang paling kuat dia rasakan? Kalo bukan itu juga, apa itu cinta yang paling berkesan?

Jadi maksudnya, apa definisi yang tepat dari cinta pertama? Paman bertanya apa lagi? Cinta pertama. Yang pertama kali. Ah, paman juga nggak bisa menjawabnya.


Jin Hyun mengendarai sepedanya. Ia nggak tahu mau kemana. Ia hanya terus mengayuhnya dan akhirnya terjatuh. Jin Hyun terguling.

Ia nggak langsung bangun malah menatap bintang.


So Yi bertanya pada pamannya, apa itu laki-laki itu apa benar nggak bisa melupakan cinta pertamanya?

Paman mengaku nggak tahu. Kalo gitu perempuan itu... apa bisa meyakini cinta pertamanya?  Gimana So Yi bisa tahu? Ini juga pertama kalinya buat dia.


Jin Hyun tersenyum.


Pagi harinya. So Yi berangkat sekolah bareng sama Jin Hyun. So Yi jalan kaki dan Jin Hyun naik sepeda. So Yi membaca cita-cita anak-anak. Ia nanya Kyung Soo tingginya berapa,sih?

Jin Hyun memperkirakan 170 cm atau mungkin juga lebih pendek. So Yi membaca impian Kyung Soo yang ingin jadi pemain basket.

Dia minum pil kalsium yang dibelikan bibinya di luar negeri. Setiap hari minum 1 liter susu. Makannya lauk teri goreng. Dan juga harus tidur tepat jam 9.

Jin Hyun tersenyum. Sebelumnya Kyung Soo harus berhenti nonton "video" dulu (ha..ha..ha.. artiin sendiri, maksudnya itu video apaan).

So Yi bertanya-tanya apa yang sesungguhnya mereka percaya sampai bisa segini polos? 

Jin Hyun juga belum menulisnya, kan? Jin Hyun mengangguk. So Yi nanya Jin Hyun akan nulis?

Jin Hyun mengangguk lagi. Kalo So Yi, dia nggak mau nulis. Kalo anak-akan polos itu tahu impiannya adalah mati, mereka bisa-bisa shock berat.

Jin Hyun tertawa. Itu membuatnya shock juga, tahu?


So Yi balik nanya, apa Jin Hyun tahu kalo sekarang dia itu aneh banget. Jin Hyun ngasih tahu kalo biasanya jalan lurus itu yang paling gampang.

Berjalan pelan dan berkelok-kelok gini yang paling susah. Jin Hyun melaju meninggalkan So Yi habis itu balik lagi.


Jin Hyun nyuruh So Yi buat nyoba naik sepeda. So Yi menolak. Dia nggak bisa. Jin Hyun meledek. Mana ada orang yang nggak bisa naik sepeda?

So Yi menjelaskan, secara umum, orang yang nggak bisa naik sepeda digolongkan jadi 3. Yang pertama, yang nggak punya ayah. Kedua, yang ayahnya sibuk. Lalu ketiga, yang ayahnya selingkuh.

So Yi lalu berjalan meninggalkan Jin Hyun. Jin hyun menyusul So Yi. So Yi nanya, dia cukup menyedihkan, bukan? Jin Hyun mengatakan kalo impiannya juga sulit buat ditulis.




Jin Hyun dan teman-teman sekelasnya sedang ada di gereja. Ia memimpin doa bersama dengan pendeta (mohon maaf kalo salah nyebutinnya). Ia melihat So Yi sebentar. So Yi tampak sedih.



Jin Hyun berdiri di depan kelas. Ia berterima kasih atas kerjasama teman-temannya selama ini. Sekarang cuman tinggal nulis rolling paper aja.

Jin hyun memuji teman-temannya yang udah bekerja keras. Sontak anak-anak pada bertepuk tangan. Jin Hyun lalu kembali ke tempatnya.



So Yi mengambil secarik kertas tapi nggak tahu mesti nulis apaan. Kelas 1-1 No. 17 Song Jin Hyun.



Ternyata Jin Hyun juga gitu. Di juga nggak tahu mesti nulis apa tentang So Yi.


So Yi dan Jin Hyun lagi ada di perpustakaan. Mereka mengumpulkan kertas dari seisi kelas. Jin Hyun bertanya haruskah mereka menempelkan daun mapel-nya dengan foto-foto lama?

So Yi nggak menjawab. Jin Hyun nanya lagi posisinya gimana? Apa ia tempel dari atas ke bawah aja? So yi mengangguk.


Dari tadi So Yi sibuk membolak-balikkan kertas. Jin Hyun nanya So Yi ngapain? Lagi-lagi So Yi nggak menjawab. Jin Hyun mengambil selembar kertas dan membacanya.

Semoga impianmu nggak jadi kenyataan. So yi. Itu adalah tulisan So Yi buat Jin Hyun. Sementara Jin Hyun nulis buat So Yi, . (Tanda titik).


So yi menegur jin Hyun, titik? Cuman satu titik? So Yi meletakkan kertas yang tadi dia baca. So Yi marah.

Apa dia benar-benar nggak punya bahkan sepatah katapun untuk di katakan padanya?


So Yi minta kertas yang lagi Jin Hyun pegang tapi Jin Hyun nggak mau ngasih. Kalo udah di tulis nggak bisa dirubah lagi. Kalo gitu So Yi bakalan ngasih dua titik buat Jin Hyun. So Yi merengek minta Jin Hyun ngasih kertasnya ke dia.

Jin hyun keukeuh nggak mau. Akhirnya So Yi nyerah dan meletakkan kepalanya diatas meja. Jin hyun tersenyum. Dia akan membeteskannya.

So Yi berlagak mau membantu tapi malah metebut kertasnya Jin Hyun.



Malam harinya saat So Yi lagi makan ubi. So Yi bertanya sama paman, haruskah dia beli seragam? Paman sampai tersedak mendengarnya.

Paman si terserah So Yi aja.  So Yi bilang kalo paman jorok. Paman mengatakan kalo akan sibuk karena pelatihan. Mulai sekarang,

So Yi dikasih tugas buat ngasih makan anak-anaknya paman (kambingnya). So Yi balas bilang terserah ke paman. Paman meledek, apa So Yi cermin?

Ah, So Yi emang keponakannya. Selarut ini masih bisa makan.


Dasi, gimana bisa lupa pakai dasi tiap hari? Omel seorang guru yang menghadang siswa yang nggak lengkap di depan pintu gerbang sekolah.

Guru itu melihat So Yi dan memanggilnya. Guru itu nanya udah sejak kapan So Yi pindah? Kenapa masih pakai itu?

So Yi beralasan kalo dia pindah cuman bentar. Lagian juga dia udah dapat ijin dari wali kelas.

Guru itu mengatakan kalo tata tertib itu tugasnya. Jin Hyun yang baru datang langsung mendekat. Guru itu nanya apa So Yi nggak punya uang?

Jin Hyun mengatakan kalo So Yi anak di kelasnya. Situasinya agak... Guru menyela, kalo mereka membiarkan situasi semua orang, untuk apa ada tata tertib sekolah?

Guru nyuruh So Yi buat ngangkat tangannya seperti anak-anal yang lainnya. So Yi nggak mau melakukannya. Guru itu tambah marah.

Beraninya So Yi melotot paa gurunya. Ibunya Yoo Min Sook, kan? Guru mengaku sebagai teman SMP ibu So Yi. Sejak  awal ibu So Yi emang berniat membuang So Yi di sini lalu menikah di Amerika.

So Yi udah sebesar itu harusnya bisa merawat diri sendiri. So Yi udah berkaca-kaca tapi guri itu masih belum mau berhenti. Ia nanya kenapa So Yi ingin mengikutinya ke Amerika?

Jin Hyun menegur gurunya.


So Yi mengatakan kalo dia nggak mau sekolah lagi. Sekolah sampah seperti itu terlalu kotor buatnya. So Yi berbalik dan melihat anak-anak yang melihatnya.

So Yi melewati mereka. Guru tadi mengklaim So Yi sebagai anak yang nggak punya sopan santun.



Jin Hyun yang udah nggak tahan akhirnya lari menyusul So Yi. Ia memanggil So Yi tapi So Yi nggak mau berhenti. Jin Hyun menarik tangan So Yi tapi So Yi menghempasnya.

So Yi melarang Jin Hyun mengikutinya sebelum So Yi membunuhnya. Jin Hyun ngajak So Yi buat pergi. So Yi nggak salah, kenapa dia yang harus lari.

So Yi bilang ke Jin Hyun kalo jangan sok tahu. So Yi nyuruh Jin Hyun enyah. So Yi membenarkan kata-kata guru tadi. Ibunya membuangnya di sini. Ia selalu bilang akan ke Amerika dan juga ia bilang nggak mau sekolah lagi. Tapi semua itu bohong. Ia emang orang yang seperti itu.

Jin Hyun nanya, seperti apa emangnya? Ia melarang So Yi menghina diri sendiri. Dan juga jangan membenci ibunya. So Yi tertawa.

Jin Hyun ingin bertingkah sok baik sampai akhir? Jin Hyun memanggil So Yi. So Yi memotong, kalo ada seseorang yang nggak ia inginkan untuk menghiburnya ...itu Jin Hyun orangnya.

Jadi Jin Hyun jangan mengikutinya. Sebelum So Yi benar-benar membunuhnya. So Yi meninggalkan Jin Hyun sambil nangis.



So Yi berdiam diri di kamarnya. Paman memanggilnya tapi So Yi nggak menyahut. Paman membuka pintu kamar So Yi dan ngasih tahu kalo baru aja beli seragam buat So Yi.

Paman meletakkan nya  di depan So Yi. Ukurannya paman kira-kira. So Yi meraihnya dan membukanya. Ia lalu membuangnya.

Paman bilang ke ibu kalo dia akan tinggal di sana? Paman mengaku menelpon ibu. So Yi nanya kenapa? Apa dia senang?


Nenek datang dan bilang kalo bukan seperti itu. Itu juga akan mentakitkan sekali bagi ibu So Yi. Nenek duduk si depan paman.

So Yi bilang ke nenek supaya bilang ke ibu supaya nggak bicara omong kosong. Ibu membuang So Yi karena ia jadi penghalang hidupnya, kan?

Nenek jadi sedih mendengarnya dan menangis. Paman mengaku kalo dia yang bilang akan merawat So Yi. So Yi terkejut. Ia bangkit dan nanya kenapa?

Emangnya siapa paman? Paman ngasih tahu kalo pembuluh darah di betis ibunya So Yi pecah. Dia menyembunyikannya dan tetap bekerja selama satu dekade.

Mana ada waktu untuk duduk bagi salesperson mall sepertinya? Ibu So Yi menyembunyikannya dan tetap bekerja selama satu dekade.

Paman hanya berharap ibu So Yi menikmati hidupnya dengan nyaman.


So Yi nangis. Lalu gimana dengan dia? Gimana dengan hidupnya? Nenek mengaku mengerti perasaan So Yi. Ibu mana yang nggak ngerti anaknya?

Nenek minta So Yi buat nunggu sebentar lagi. Semuanya akan baik-baik aja. Apa So Yi tahu betapa kasihannya ibunya? So Yi ngerti, anak lebih penting dari cucu, kan?

Nenek bilang nggak gitu. So Yi kesal dan menutup pintu kamarnya. Di luar nenek nangis. So Yi nggak tahu gimana ibunya menyayanginya?

Di dalam kamar, So Yi juga nangis.


Pas hari mulai mau gelap, So Yi keluar dari kamarnya. Ia menyalakan lampu untuk kambing-kambing paman. So Yi melihat kambing-kambing itu.


Pagi harinya nenek panik dan manggil-manggil paman. Min Cheol! Min Cheo! Paman membuka pintu kamarnya. Dia masih ngantuk. Paman nanya apa maksudnya?

Nenek nyuruh paman cepetan. So Yi nggak ada di kamarnya. Nenek nyuruh paman buat lapor polisi. Paman keluar dari kamarnya dan terkejut lihat kambingnya nggak ada. Paman nyuruh nenek buat lapor polisi. Anaknya ilang.


Paman mencari So Yi. Tapi ia juga nyari kambingnya. Paman manggil-manggil So Yi bergantian sama kambing. Whitie! So Yi!


Jin Hyun juga nyari So Yi pakai sepeda. Ia manggil-manggil So Yi tapi nggak menemukannya.


So Yi sendiri lagi narik-narik Whitie. Ia minta maaf padanya. So Yi mengaku sangat marah. Ia harus ke Amerika. Ia bilang ke kambing paman, terlahirlah kembali sebagai manusia. Eh, jangan, deh. Jangan terlahir kembali. Nggak ada bagusnya juga.


Tiba-tiba turun hujan. So Yi mengambil jas hujan dari dalam tasnya. Jin Hyun yang kehujanan mencari tempat berteduh dan menemukan So Yi.

Jin Hyun meletakkan sepedanya dan menghampiri So Yi. Jin Hyun nanya apa-apaan itu? Jin Hyun mendekat. Seharusnya So Yi yang memakai jas hujannya.


So Yi menatap Jin Hyun. Jin Hyun mendekat lagi dan ngajak So Yi pulang, para orang tua khawatir. So Yi nyuruh Jin Hyun aja yang pulang. Dia nggak akan pulang.

Jin Hyun nanya lalu So Yi akan kabur dengan kondisi kayak gini? So Yi mengiyakan. Ia akan pergi ke Amerika. Ia akan menanyainya. Ia akan membuat kekacauan. Ia nggak akan diam aja.


Jin Hyun nanya lagi. Lalu? So Yi pikir hatinya akan tenang kalo gitu? So Yi seperti ini sekarang, hanya akan memastikan kalo dia di buang. So Yi melarang Jin Hyun asal bicara.

Jin Hyun nggak ngerti apa-apa. So Yi benar-benar mikir dia nggak ngerti apa-apa? So Yi mengiyakan. Jin Hyun mengatakan kalo So Yi nggak ngerti dirinya. Lalu kenapa kalo kedua orang tua Jin Hyun bukan orang tua kandung?

Emang kenapa kalo Jin Hyun membakar ladang karena sedih mengenai hal itu? So Yi mengatakan  kalo dia dan Jin Hyun itu sama. Jadi bukan hanya Jin Hyun yang nggak beruntung. Jin Hyun ingin mengatakannya, kan?


So Yi melarang Jin Hyun bercanda. Hanya karena Jin Hyun nggak beruntung sedikit, jangan berpikir kalo dia tahu rasa sakitnya. Itu sombong, tahu! Jin Hyun mengatakan kalo So Yi benar. Itu emang bener.

Jin Hyun minta maaf. Pertama kali Jin Hyun ngelihat So Yi, ia berpikir kalo So Yi sama dengannya. Selama ini Jin Hyun selalu mikir kalo dia orang yang paling nggak beruntungi di dunia. Ia selalu berusaha untuk menyembunyikannya. Sesuatu yang harusnya nggak terlahir...Jin Hyun pikir itu dia.



So Yi terdiam mendengarkan cerita Jin Hyun. Jin Hyun melanjutkan saat ia berumur 7 tahun, ia pernah mencari ibunya dengan hanya sebuah alamat.

Pamannya memasukkannya ke kartu keluarganya. Ibunya telah memiliki keluarga baru. Waktu itu ibu Jin Hyun mengatakan padanya, "anggap sajalah ibu udah nggak ada".

Di dalam hatinya, Jin Hyun telah membunuh ibunya hari itu. Dan ia juga telah memutuskan, untuk nggak menaruh hati ke siapapun.

Cinta manusia ke manusia yang lain, Jin Hyun nggak percaya hal itu. Karenanya, ia memutuskan untuk menjadi pendeta.




So Yi mulai menangis. Ia meminta maaf pada Jin Hyun. Ia benar-benar minta maaf. Jin Hyun menarik So Yi dan memeluknya. Nggak lama kemudian, hujan berhenti. So Yi mengatakan kalo impiannya saat ia kecil... apa Jin Hyun tahu?

Jin Hyu  tersenyum lalu menggeleng. Enggak. Pelangi. Pelangi? Jin Hyun memuji. Cantik sekali.

"Saat itu aku berpikir benar-benar bisa jadi pelangi"



Jin Hyun melepaskan pelukannya dan menatap mata So Yi. So Yi bisa. Ia tersenyum. Tanpa mereka sadari, kambingnya paman berjalan menjauhi mereka (kambingnya tahu diri, kali, ya?? Ada adegan romantis).

Bersambung...


Facebook Twitter